indahnya indonesia ......

indahnya indonesia ......

5 Jajanan Pasar Favorit Khas Yogya ini Terbuat dari Beras Ketan

Beras ketan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Jawa khususnya masyarakat Yogyakarta. Mengapa demikian? 
Sejak dahulu kala jauh sebelum maraknya aneka makanan kecil atau snack olahan pabrik makanan yang marak beredar saat ini, beras ketan memegang peranan yang sangat penting sebagai bahan baku  pembuatan makanan kecil. Bahkan bisa dikatakan beras ketan mendominasi jenis makanan kecil yang disajikan masyarakat pada acara-acara tertentu pada saat itu.

Apa saja jenis makanan kecil yang berbahan baku beras ketan? Kalau Anda ke Jogja dan berjalan-jalan di pasar tradisional tentu tidak sulit menemukan jenis makan ini. Makanya di jogja makanan ini biasa disebut jajanan pasar.

Sambil bernostalgia, berikut 5 jenis jajanan pasar berbahan baku beras ketan yang favorit di Jogja dan sangat menggoda lidah Anda.

1. Lemper

Makanan ini terbuat dari beras ketan dan di dalamnya di isi dengan daging sapi atau ayam yang dicincang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Rasanya sangat gurih karena ketannya dimasak dengan dicampurkan santan kelapa

2. Klepon 

 
 


Adalah makanan yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih, lalu disajikan dengan parutan kelapa.

Biasanya klepon berwarna hijau yang diperoleh dari pewarna makanan atau daun pandan. Biasanya bagian luarnya diselimuti dengan parutan kelapa.

3. Onde-onde









Onde onde berbentuk bulat dengan balutan wijen mirip kue wijen tapi kue onde onde ini ukurannya lebih besar dan rasanya empuk dan manis. Salah satu yang khas dari kue enak ini pada bagian dalam kue diisi dengan kacang hijau membuat kue onde onde terasa nikmat.

4. Wajik





Wajik adalah salah satu makanan yang terbuat dengan bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan santan dan juga gula merah yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Teksturnya lengket saat dipegang dan di potong kotak-kotak untuk penyajiannya.

5. Semar mendhem
 


Makanan ini bahan utamanya adalah beras ketan. Kualitas beras ketan menentukan hasil makanan ini. Makanan ini hampir sama dengan lemper hanya bedanya digulung dengan dadar telur yang telah disesuaikan ukurannya. 

Apakah ada yang belum pernah Anda rasakan?  Jadikan info ini sebagai referensi kuliner Anda.



EmoticonEmoticon