indahnya indonesia ......

indahnya indonesia ......

Ayo Jualan di Medsos! Menkominfo Tidak Melarang Kok


Khabar menggembirakan sekaligus melegakan bagi Anda yang sering menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan apapun bentuk dagangan Anda. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) sepertinya memberi keleluasaan kepada masyarakat untuk berinteraksi dalam hal jual beli produk yang dimiliki. Ini sejalan dengan upaya pemerintah terus mendorong tumbuhnya industri kreatif bangsa.

Seperti dilansir krjogja.com (15/11/17) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara tidak akan mengatur atau melarang pelaku bisnis UMKM yang memasarkan produknya melalui media sosial (medsos), seperti Instagram dan Facebook.

Dikatakan Rudiantara, kedua platform tersebut bermanfaat pada para pelaku bisnis kecil terutama dalam memasarkan produk mereka. Kendati begitu, pria yang karib disapa Chief RA ini mengingatkan risiko jika jual beli dilakukan melalui media sosial, bukan lewat e-Commerce.

"Jangan diatur dong, biarin aja, biar dimanfaatkan. Bedanya kan ada risikonya. Kalau jualan di Instagram risikonya misalnya pembayaran. Kalau di marketplace kan pembayarannya pasti," kata Rudiantara dalam keterangannya, Rabu (15/11/2017).

Ia mengatakan, jika jual beli dilakukan di marketplace, semua aktivitas transaksi terekam jelas termasuk jaminan pembayaran akan diterima penjual dan barang diterima oleh pembeli.

Sementara, jika melalui media sosial seperti Instagram, pembeli kadang diminta untuk mentransfer sejumlah uang sebelum barang dikirimkan. Hal ini, kata Rudiantara, bisa menimbulkan risiko yang tidak diinginkan. "Kadang suruh transfer dulu, iya kalau barang dikirim, kalau enggak dikirim itu jadi risiko," katanya.

Meski begitu, Kemkominfo tidak mau melarang dan membatasi serta justru membiarkan berbagai pihak memanfatkan media sosial untuk memasarkan produknya. "Tapi kami tidak boleh melarang, biarkan. Kan mau jualan baju, mau kritik, atau yang suka bikin kue jualan di Facebook, di Instagram biarin saja, bagus malahan," kata pria yang menjabat sebagai Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Padjajaran itu.
 
 


EmoticonEmoticon