indahnya indonesia ......

indahnya indonesia ......

Ingin Cepat Tidur, Hindari 4 Hal Ini


Setiap orang harus memiliki setidaknya 7-8 jam tidur perhari. Jika kurang dari waktu ini maka bisa menyebabkan masalah kesehatan yang merugikan. Namun, dewasa ini banya orang yang kesulitan tidur atau sering disebut pula insomnia.

Orang yang menderita Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama. Ini menyebabkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Penyabab Insomnia ini sangat beragam, beberapa penyababnya ternyata karena kebiasaan yang sering dilakukan. Nah beriut ada beberapa penyebab insomnia yang wajib kamu ketahui, berikut ulasannya seperti dilansir dari halaman Unica.ro.

1. Kecanduan Teknologi

Menatap layar laptop, ponsel, atau TV saat sebelum tidur bisa menyebabkan kamu menderita insomnia. Cahaya dari layar dari barang elektronik ini bisa mengelabui otak dan membuat otak kebingunngan sehigga menganggap malam belum tiba. Produksi hormon melatonin pun bisa dihambat yang akhirnya menyebabkan kondisi insomnia. Cobalah untuk tidak menggunakan barang elektronik dua jam sebelum tidur agar kualitas tidur anda lebih baik dan sehat.

2. Menejemen stres yang kurang baik
Beban pekerjaan atau sesuatu lainnya yang membuat anda stres pun bisa mempengaruhi kualitas tidur anda. Saat anda merasa tertekan produksi hormon kortisol semakin meningkat, akhirnya tubuh anda tidak tenang sehingga mudah gelisah. Untuk itu, perlu menejemen stres yang baik. Cobalah untuk melupakan sejenak beban pekerjaan untuk tidur, lalu kerjakan lagi saat tubuh anda terasa fit.

3. Makan sebelum tidur 
Makan berat atau makan ringan sesaat sebelum tidur bisa merusak kualitas tidur anda. Hal ini bisa membuat jam tidur anda lebih pendek atau lebih panjang. dan yang paling membahayakan adalah saat anda bangun anda akan merasa kelelahan hebat karena tubuh tetap bekerja untuk memporses makanan yang kamu makan. Untuk itu anda sebaiknya hindari kebiasaan ini.

4. Marah sebelum tidur 
Jangan tidur sambil membawa amarah, hal ini juga bisa menyebabkan anda menderita insomnia. Kondisi marah bisa menyebab tingkat gula darah menaik begitu cepat. Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan. Apalagi jika anda memiliki masalah jantung, diabetes atau lainnya.(goldokter).


EmoticonEmoticon