indahnya indonesia ......

indahnya indonesia ......

Suka Makanan ini, Tetapi Harus Menghindari? Inilah Tipsnya


Siapa yang tak suka aneka makanan yang digoreng atau biasa disebut gorengan? Tentu bukan hal yang mudah untuk menghindari makanan jenis yang satu ini bagi kebanyakan orang. Bukan hanya karena mudah didapat di pinggir-pinggir jalan, tetapi juga rasanya yang enak, apalagi jika disajikan masih dalam keadaan hangat plus ada cabe rawitnya lagi. Tentu hasrat Anda akan berlipat untuk menyantapnya.

Namun tahukah Anda, di balik kenikmatan gorenga tersimpan bahaya kesehatan yang mematikan?

Spesialis Penyakit Dalam, dr Kaka Renaldi SpPD-KGEH pun mengungkapkan, lezatnya gorengan akan sangat berbahaya. "Ini karena minyak yang dipakai berulang kali mengandung lemak trans. Berbahaya untuk pembuluh darah dan organ-organ tubuh karena bisa menyebabkan penyumbatan," katanya saat tampil di acara Ayo Hidup Sehat di TvOne.

Ia pun mengatakan, konsumsi gorengan dalam jumlah berlebihan juga bisa menyebabkan sembelit, asam lambung, gangguan usus, sendawa, menganggu pita suara, sebabkan GERD, diabetes melitus, kegemukan dan lain-lain.

"Kalau enggak dikontrol bisa menyebabkan gangguan jantung, kalau penyumbatan di kepala bisa menyebabkan stroke," terangnya.

Untuk itu agar terhindar dari masalah kesehatan, namun tetap bisa menikmati renyahnya gorengan, dr. Juwalita Surapsari MGizi, SpKG menyarankan, untuk mengatur jadwal konsumsi gorengan.

"Hari ini misalnya dapat martabak, siang makan martabak, lalu hingga malamnya, jangan makan lagi makanan yang digoreng. Jadi resep untuk rem makanan gorengan jamu alias jaga mulut," terangnya.

Ia melanjutkan, tak hanya itu resep untuk menghindari goreangan agar tubuh tetap sehat, yakni, imbangi dengan makanan sehat, tetap konsumsi sayur dan buah. "Tiga sampai lima porsi sehari sayur dan buah harus dicukupi."
 
 


EmoticonEmoticon