indahnya indonesia ......

indahnya indonesia ......

Punya Hobi Travelling, Gaji 5 Juta, Bagaimana Menyiasatinya?




Kurang dari sebulan lagi kita akan memasuki tahun baru 2018. Saat periode pergantian tahun seperti sekarang inilah waktu yang ditunggu sebagian besar masyarakat untuk melakukan perjalanan liburan. Apalagi bagi Anda yang mempunyai hobi travelling.

Kalau bicara travelling tentu image secara umum yang kita dengar antara lain adalah traveling itu menghambur-hamburkan uang, traveling itu hanya sebagai ajang pamer-pameran, traveling hanya mengahabiskan waktu dan yang lainnya.

Dari beberapa pandangan tersebut yang jelas tidak bisa kita pungkiri tentu menyangkut biaya untuk travelling itu sendiri. Bagi golongan yang berpendapatan besar tentu tidak masalah, namun bagaimana bagi masyarakat berpenghasilan Rp 5 sampai 7 juta perbulan.

Dikutip dari rubrik finansialku, berikut tips untuk menyiasati travelling bagi kita yang berpenghasilan pas-pasan :

#1 Lakukan Riset dan Minta Pendapat Yang Sudah Berpengalaman

 
Pada saat Anda menentukan liburan Anda, lakukanlah riset, dan tentukan liburan Anda ke tempat yang memang sesuai dengan budget yang dapat Anda siapkan. Misalnya jika Anda ingin ke negara di Eropa, tentu saja budget Anda tidak akan dibawah Rp5 juta.

Oleh karena itu, Anda harus mencari informasi, bertanya kepada teman-teman yang sudah berpengalaman dan berkonsultasi bagaimana trik agar bisa berlibur dengan menggunakan budget seminimal mungkin.

#2 Pergi Pada Saat Low Season

Bagi Anda yang senang dengan travelling, sudah bukan rahasia lagi bahwa jika Anda bepergian pada saat high season (seperti pada saat liburan, atau pada saat bulan-bulan tertentu), harga tiket pesawat maupun harga penginapannya akan menjadi lebih mahal berkali-kali lipat.

Hindari bepergian pada high season, cari waktu untuk bepergian pada saat low season, dimana orang-orang tidak banyak berlibur. Bahkan jika memungkinkan, pergilah pada hari biasa, Anda akan menghemat banyak sekali biaya perjalanan Anda.

#3 Buat Perincian Biaya

Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah membuat perincian biaya perjalanan Anda. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian lebihkan budget Anda untuk berjaga-jaga.

Dengan adanya budget awal, Anda akan mendapat batasan untuk pengeluaran Anda dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu. Yuk buat perincian dana liburan, dan hitung dananya menggunakan Aplikasi Finansialku.

#4 Jangan Menginap di Hotel Berbintang

Anda tentu sudah tahu, kalau menginap di hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini akan membuat pengeluaran Anda semakin meningkat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencari tempat penginapan yang layak untuk ditinggali atau mencari rumah setempat yang bisa menyewakan kamar. Cara untuk mencari penginapan atau rumah seperti demikian di tempat wisata juga sudah semakin mudah, salah satunya lewat media online dengan memanfaatkan situs tertentu. Cukup dengan mendaftar di situs itu, Anda dapat menemukan penginapan atau rumah dengan membayar sejumlah biaya. Hebatnya, biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah daripada hotel, dan ini bisa menjadi solusi agar liburan Anda menjadi lebih murah.

#5 Hindari Berbelanja di Tourist Spot

Semua yang ada di tourist spot pada umumnya mahal. Batasi pengeluaran Anda semaksimal mungkin dan tahan keinginan Anda untuk membeli souvenir di dalam tourist spot ini, karena dapat dipastikan harganya akan sangat mahal dibandingkan Anda membelinya di tempat lain.

#6 Carilah Teman Perjalanan

Jika Anda ingin berlibur dengan biaya yang lebih murah, maka berliburlah bersama teman-teman Anda. Anda dapat menghemat biaya penginapannya karena Anda dapat memilih kamar untuk kapasitas orang lebih banyak. Anda juga bisa mendapatkan paket rombongan di tempat wisata, sehingga menghemat pengeluaran Anda. Meskipun begitu, cara ini dianggap kurang cocok jika Anda ingin liburan sendiri atau hanya dengan orang terdekat. Tetapi manfaat dari cara ini adalah Anda bisa menjalin hubungan lebih baik dengan teman-teman Anda dan tentunya biaya liburan menjadi lebih murah.

#7 Cek Tiket Pesawat Secara Berkala

Tiket pesawat biasanya ada yang melakukan promo pada saat-saat tertentu. Terkadang kita tidak menyadari bahwa maskapai penerbangan tersebut sedang menjual harga tiket pesawat dengan promo. Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan perjalanan dengan lebih murah, Anda harus mengecek harga tiket pesawat secara berkala, sampai Anda menemukan yang sesuai dengan budget Anda.

#8 Gunakan Jalur Darat Jika Memungkinkan

Jika Anda bepergian dari satu kota ke kota lainnya yang dapat ditempuh melalui jalur darat, maka jauh lebih murah jika Anda menempuhnya dengan melalui jalur darat. Memang perjalanan Anda akan memakan waktu lebih lama, tetapi biaya yang Anda keluarkan bisa lebih murah. Anda sebenarnya juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk beristirahat.

#9 Gunakan Angkutan Umum

Hindari menggunakan transportasi pribadi dalam perjalanan travelling Anda. Selain untuk menghemat biaya pengeluaran, Anda pun akan lebih leluasa untuk berpindah dari obyek wisata satu ke yang lain, tanpa harus memikirkan kendaraan Anda.

#10 Makan Di Tempat Makan Lokal

Ketika berkunjung ke tempat rekreasi, satu hal yang mesti diperhatikan adalah biaya makan. Hindari untuk makan di restoran mewah. Dan jika Anda makan di rumah makan di tempat wisata tersebut, harganya selalu lebih mahal dari makanan yang dijual di luar tempat wisata. Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, Anda bisa makan di daerah sekitar tempat wisata, seperti jajanan tradisional atau warung makan yang lebih murah. Tetapi jangan terlalu menghemat juga untuk mempelajari kekayaan kuliner di tempat wisata tujuan Anda, karena itu akan menambah wawasan pengetahuan Anda.

#11 Kunjungi Tempat Wisata Baru

Wahana atau tempat wisata yang baru dibangun atau baru didirikan bisa menjadi tempat wisata hemat alternatif bagi Anda. Karena biasanya tempat wisata yang baru dibuka akan selalu menyediakan harga promo yang murah. Berbeda halnya dengan tempat wisata yang sudah terkenal. Biasanya mereka selalu menaikkan harga tiketnya ketika liburan berlangsung atau sudah memberikan harga normal tanpa promo.

#12 Manfaatkan Wifi

Ketika Anda melakukan perjalanan, tentunya Anda tetap membutuhkan sarana komunikasi. Sebenarnya Anda dapat membeli mobile sim card negara setempat (apabila bepergian keluar negeri). Tetapi tentu saja, harganya lebih mahal dan Anda hanya akan menggunakannya selama beberapa hari Anda disana. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan membeli mobile sim card disana, tetapi manfaatkan wifi yang ada di area tempat wisata atau di tempat penginapan Anda menginap.

#13 Lakukan Perjalanan Malam
Dengan melakukan perjalanan pada malam hari, Anda dapat tidur di dalam kendaraan transportasi, sekaligus untuk menghemat biaya menginap. Efektif apabila diterapkan untuk perjalanan jauh yang menghabiskan waktu berjam-jam.

#14 Bawalah Botol Air Minum

Pada saat Anda melakukan perjalanan biasanya air minum adalah hal yang paling sering dibutuhkan terlebih dahulu sehingga Anda harus membelinya. Harga sebotol air minum bisa beragam, apalagi jika Anda beli di daerah tempat wisata karena Anda membutuhkan air, biasanya harganya akan lebih mahal. Oleh karena itu, membawa botol air sebagai bekal dapat menghemat pengeluaran Anda akan air minum. Anda dapat mengisi ulang air minum Anda di penginapan, sehingga Anda tidak harus membeli lagi pada saat Anda berkeliling tempat wisata.

#15 Beli Oleh-oleh/Souvenir dengan Bijak

Oleh-oleh tidak perlu mahal, yang penting berkesan. Beberapa oleh-oleh yang murah namun tetap unik adalah hiasan rumah, T-Shirt, cemilan tradisional, dan lain sebagainya. Carilah oleh-oleh yang mencerminkan keunikan daerah setempat, karena itu akan sangat bermakna untuk orang-orang yang menerimanya.


EmoticonEmoticon