indahnya indonesia ......

indahnya indonesia ......

Tinggal di Daerah Tropis, 7 Tips Perawatan Kulit ini Wajib Dilakukan


Wanita mana yang tidak kepingin memiliki wajah cantik berseri dan mempunyai kulit indah. Tentu ini menjadi dambaan dan harapan semua wanita tak terkecuali Anda bukan? Namun tidak jarang kesibukan Anda baik di dalam maupun di luar ruangan dengan segudang aktifitas membuat Anda lalai akan perawatan kulit utamanya kulit wajah Anda. Akibatnya timbul beberapa masalah pada kulit misalnya berjerawat atau komedo.

Disamping itu Anda juga harus sadar bahwa kita tinggal di Indonesia. Negeri tercinta ini dimana kita tinggal mempunyai iklim tropis yang cenderung bersuhu tinggi. Tidak jarang suasana gerah kita rasakan sehingga membuat kita banyak berkeringat. Iklim tropis inipun bisa banyak mempengaruhi kondisi kulit tubuh dan wajah kita khususnya Anda para wanita. Ditambah lagi seringnya terjadi perubahan cuaca sehingga membuat kulit kita semakin rentan.

Kondisi yang kurang menguntungkan ini dapat mengakibatkan banyak hal bila Anda tidak dengan benar menjaga dan merawat kulit tubuh Anda. Maka dari itu perawatan kulit tubuh sangat perlu mendapat perhatian yang ekstra bagi Anda yang tinggal di daerah tropis ini.

Bagaimana menyiasati perawatan kulit tubuh kita yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia? Inilah 7 tips yang wajib Anda lakukan untuk perawatan kulit wanita, menjaga agar tetap terlihat cantik dan segar.

1. Hindari paparan sinar matahari langsung.

Sinar matahari pagi memang bagus bagi kesehatan, namun sinar matahari setelah jam 10 pagi memberi efek buruk bagi kulit, yaitu kulit tidak hanya menjadi lebih gelap namun juga berisiko rusak. Bila harus beraktivitas di luar ruangan, gunakan sunblock dan lindungi kulit dengan payung atau kardigan.

2. Jaga kulit tetap bersih

Ini mungkin terdengar umum, namun dimana pun anda berada, jaga selalu kulit anda agar tetap bersih. Di negara tropis, karena paparan sinar mataharinya lebih kuat, lebih sering dan lebih banyak, maka akan membuat kondisi selalu panas. Hal ini akan memaksa tubuh mengeluarkan banyak produksi minyak dan keringat untuk mencegah dari kekeringan.

Minyak dan keringat yang berlebihan ini dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri penyebab jerawat, kotoran menumpuk akibat debu, dan sebagainya. Menyikapi kondisi ini maka selalu bersihkan wajah Anda setiap hari, minimal dua kali sehari. Saat Anda berada di tengah-tengah aktivitas, usahakan agar Anda tidak terlalu sering menyentuh wajah Anda dengan menggunakan tangan, terutama bila Anda sedang berkeringat.

3. Jaga keadaan kulit tetap lembab

Menjaga kulit tetap lembab dalam arti tidak membuatnya terlalu kering atau terkesan terlalu licin dan berminyak. Untuk perawatan kulit selalu gunakan pelembab bagi Anda yang memiliki kulit cenderung kering. Kemudian bersihkan selalu wajah Anda dengan toner atau facial cleanser bila kulit Anda cenderung berminyak.

Cuaca tropis yang panas dapat membuka pori-pori wajah Anda sedikit lebih besar sehingga produksi minyak pada kulit pun akan keluar lebih banyak. Bila tidak segera dibersihkan dan ditangani, maka dapat mengundang bakteri penyebab jerawat. Gunakan produk kosmetik seperti kertas penghisap minyak untuk mengurangi kandungan minyak yang berlebih pada wajah. Pilih juga produk kecantikan yang mengandung salicylic acid dan benzyl peroxide untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah Anda.

4. Gunakan selalu sunblock

 
Ini adalah tips terpenting dan harus selalu digunakan bagi Anda yang tinggal di negara tropis kemana pun Anda berada. Untuk perawatan kulit gunakan lotion atau pelembab yang memiliki kandungan SPF sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Anda juga dapat menggunakan topi, kerudung, baju dengan lengan panjang, kaca mata, untuk melindungi kulit dan tubuh Anda dari sinar matahari yang terik. Bila Anda memiliki kulit cenderung berminyak, gunakanlah sunblock dengan bahan bebas minyak. Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan kanker kulit dalam jangka panjang, karena itu jaga selalu kulit Anda dengan menggunakan sunblock.

5. Mandi dua kali sehari secara rutin

Hal ini juga sepertinya terdengar umum, namun ini adalah cara yang baik untuk membersihkan kulit Anda setelah terpapar iklim tropis yang memiliki suhu panas. Karena dengan mandi produksi minyak yang berlebih dan kotoran yang menempel dapat dihilangkan, termasuk juga keringat yang kotor. Jangan mengabaikan atau meninggalkan kebiasaan ini, dengan mandi dua kali sehari Anda juga menjaga kulit tetap segar, lembab, dan terhindar dari kekeringan yang berlebih. Dan bagi Anda yang memiliki kulit cenderung berminyak, air sangat bagus untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan. Orang-orang yang tinggal di negara tropis cenderung memproduksi keringat dan minyak yang berlebih pada tubuhnya. Sehingga mandi secara rutin adalah hal pertama yang paling mudah dilakukan untuk menanggulangi hal tersebut.

6. Minum banyak air putih

Karena Anda tinggal pada kondisi iklim tropis, dalam sehari tubuh Anda bisa menguras sebanyak 6 liter cairan tubuh sehingga dapat menyebabkan kelembaban kulit Anda berkurang. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ini, maka Anda harus menggantinya dengan banyak minum air putih. Pastikan juga jangan hanya menjaga cairan dalam tubuh anda, namun juga kandungan garam dan ion untuk mencegah dehidrasi dari keringat yang keluar secara berlebihan. Jika diperlukan, konsumsi juga minuman isotonic yang menambah ion serta zat garam dalam tubuh. Atau sangat direkomendasikan untuk meminum air kelapa sebagai sumber cairan serta vitamin alami yang berguna untuk tubuh. Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air serta vitamin sangat dianjurkan seperti semangka, melon, pir, dan sebagainya.

7. Olahraga teratur.

Olahraga yang dilakukan secara teratur akan melancarkan aliran darah yang juga akan mempengaruhi tampilan kulit tubuh dan wajah. Saat tubuh sehat, kulit akan tampak segar dan merona.


Itulah tujuh tips untuk perawatan kulit bagi kita yang ada di daerah tropis, tidak terlalu ribet bukan? Sebagai bahan perbandingan untuk perawatan kulit, Anda bisa mengakses langsung  WWW.MIIGNON.COM/. Anda akan mendapatkan pengetahuan perawatan kulit yang sangat bermanfaat bagi Anda. 



EmoticonEmoticon