indahnya indonesia ......

indahnya indonesia ......

5 Komponen Utama dalam AC Central



Bentuk AC yang kita ketahui selama ini sudah jelas, yaitu seperti yang umum kita lihat di rumah-rumah, tempat ibadah atau di ruang-ruang perkantoran. Ada AC yang dipajang di dinding dan ada juga AC berdiri. Ukurannya pun banyak. Namun ternyata pengetahuan kita wajib ditambah, yakni berdasarkan sistem kerjanya, kita harus mengenal apa yang disebut dengan  AC Central.

AC Central ini adalah AC yang memiliki sistem kerja terpusat. Hanya terpusat pada satu ruangan saja, namun bisa disalurkan keruangan yang lainnya yang sudah terhubung sebelumnya. AC ini biasa diletakkan di luar rumah. Ciri khasnya adalah memiliki ukuran yang besar dan menghasilkan bunyi yang bising, makanya diletakkan di luar ruangan.

Untuk mengenal lebih jauh tentang jenis AC ini, berikut ada 5 komponen utamanya : 

1. Sistem Inderect Cooling yang terdiridari Filter, Centrifugal Fan, dan Cooler Coil. Setiap bagian memiliki fungsi masing-masing, yakni :
  • Filter untuk menyaring udara. Penyaringan ini adalah untuk menangani udara ruangan yang terkontaminasi debu dan bakteri. Selanjutnya diubah dan diolah oleh mesin AC sehingga menghasilkan udara segar yang kita nyaman di dalam ruangan.
  • Centrifugal Fan untuk menyalurkan udara ke ruangan yang telah terhubung
  • Cooler Coil untuk menurunkan suhu sehingga menjadi lebih dingin. 

2. Pompa Sirkulasi yang terdiri dari Chilled Water Pump dan Condensor Water Pump.

3. Cooling Tower yang berfungsi mengubah air panas yang dilewati oleh udara di dalam AC, sehingga hasil yang dikeluarkan sudah menjadi udara yang dingin.

4. Air Handling Unit atau Unit Pengana Udara yang berfungsi mengubah udara panas di dalam ruangan menjadi udara dingin.

5. Unit pendingin atau Chiller yang berfungsi mendinginkan bagian evaporator.

Kelima bagian utama pada AC Central tersebut menjadi komponen penting yang sangat berperan dalam fungsi AC.

Sebagai konsumen, kita wajib tahu komponen apa saja yang ada di dalam AC. Dimana setidaknya kita menjadi paham dengan bagian AC yang rusak, sehingga saat ada masalah pada sistem AC Central, kita bisa langsung mengadukan keluhan kepada www.cmsmaintenance.co.id/. Ahli AC terbaik yang handal dan terpercaya.




EmoticonEmoticon