indahnya indonesia ......

indahnya indonesia ......

Tips Makan Setelah Berolahraga dan 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari



Biasa kita lihat di pagi hari banyak orang yang rajin melakukan olahraga. Di taman-taman kota ramai orang melakukan jogging atau sekadar berjalan-jalan. Jangan heran kemudian setelah berolahraga, mereka akan langsung memakan makanan di tempat jajanan sebagai penghilang lapar.  Apakah hal ini baik dilakukan? 

Menurut para pakar kesehatan, sebenarnya, makan setelah olahraga ternyata bukan menjadi masalah yang besar. Yang perlu diperhatikan adalah jeda waktunya sekitar 30 menit dan makanan jangan mengandung protein tinggi. Disamping itu makanlah secara wajar tidak berlebihan. Juga pastikan pula bahwa anda meminum air dengan banyak sebagai pengganti banyak cairan tubuh yang hilang saat berolahraga.

Sebagai panduan anda
agar olahraga yang telah kita lakukan tidak sia-sia, berikut beberapa makanan yang harus dihindari usai berolahraga seperti ditulis kompas.com (14/02/18)  :

1. Cokelat susu

Susu coklat mengandung banyak gula dan kalori, jadi jangan mengonsumsi cokelat susu setelah berolahraga. Jika ingin menikmati cokelat, konsumsilah cokelat hitam yang mengandung setidaknya 70 persen bubuk cocoa.

Cokelat hitam kaya akan anti oksidan dan hanya sedikit mengandung gula. Jadi, setelah berolahraga, sebaiknya kita mengonsumsi cokelat jenis ini.

2. Sayur mentah 

 
Ini barangkali membuat kamu terkejut. Namun, sayuran yang dimasak lebih bermanfaat bagi kesehatan.  Setelah dimasak, sayuran seperti brokoli dan capsicum lebih bersih dan bermanfaat bagi kesehatan. Jadi konsumsi sayuran yang dimasak bukan makan sayuran mentah.

3. Soda

Meskipun soda membantu kita memadamkan rasa haus dan membuat kita merasa segar, minuman ini tidak baik bagi kesehatan. Soda mengandung banyak gula yang jika dikonsumsi berlebihan bisa berakibat buruk pada tubuh.

Jadi jika kita berolahraga untuk menurunkan berat badan, maka jangan pernah mengonsumsi soda.

4. Makanan tinggi protein

Makanan berprotein tinggi sulit dicerna bagi tubuh. Setelah berolahraga, tubuh tidak memiliki cukup energi untuk mencerna makanan kaya protein.

Oleh karena itu, kita sebaiknya tidak lagsung mengkonsumsi makanan yang kaya protein setelah berolahraga. Tunggulah beberapa saat setelah beristirahat, baru mengasup makanan seperti ini.

5. Makanan pedas

Makanan pedas juga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Makanan ini bisa memberi tekanan ekstra pada sistem pencernaan kita. Oleh karena itu, kita harus menghindari makanan pedas usai berolahraga. 





EmoticonEmoticon