indahnya indonesia ......

indahnya indonesia ......

Bandara Kertajati Resmi Melayani Mudik Lebaran, Siapa yang Mendarat Pertama Kalinya?


Bandara terbesar kedua di Indonesia, yakni Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, Jawa Barat telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 24 Mei 2018. Bandara itu kini telah resmi melayani penerbangan komersial. Bandara tersebut disebut-sebut juga siap untuk digunakan untuk penerbangan haji 2018

Lantas maskapai mana yang telah mendaratkan pesawatnya untuk pertama kalinya menandai dibukanya bandara tersebut?

Dilansir dari kompas.com,  Airbus 320 Batik Air menjadi pesawat komersial pertama yang melakukan pendaratan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, Jawa Barat. Pendaratan Batik Air ini menjadi penanda dibukanya penerbangan komersial di bandara tersebut. 

Pesawat Airbus 320 mendarat pada pukul 16.15 WIB setelah melakukan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, yang membawa rombongan perangkat kepala daerah di Majalengka.

Tak lama setelah itu, mendarat pesawat kedua dari maskapai Garuda Indonesia sekitar pukul 17.00 WIB. Dalam pesawat tersebut membawa rombongan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, sejumlah kepala dinas, serta anggota DPRD Jabar. 

Usai mendarat, Gubernur Ahmad Heryawan menyampaikan rasa bangga dengan suksesnya penerbangan bersejarah dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati. "Alhamdulillah perjalanan berjalan mulus, pas saya lihat ke bawah ketika landing sudah terlihat bandara memang baru," katanya.

Adapun Citilink adalah maskapai pertama yang membuka rute komersial berjadwal di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Dilansir dari kompas.com, Direktur PT Bandara Internasional Jawa Barat, Virda Dimas Ekaputra menyambut baik Citilink Indonesia yang menjadi maskapai pertama dengan membuka rute menuju Bandara Kertajati. 

"Citilink ini adalah airlines pertama yang bisa membuka rute Surabaya ke Kertajati dan juga rute sebaliknya. Tentu kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada Citilink," kata Virda.

Water salute - Citilink Maskapai pertama yang mendarat di Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka setelah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 24 Mei 2018, Selama periode mudik Lebaran 2018 8-24 Juni 2014, Citilink menyediakan extra flight Surabaya - Kertajati yang akan mulai beroperasi secara reguler pada 1 Juli 2018, Jumat (8/6/2018). (DOK. Citilink)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penerbangan Perdana Citilink ke Bandara Kertajati", https://travel.kompas.com/read/2018/06/09/065232027/penerbangan-perdana-citilink-ke-bandara-kertajati.
Penulis : Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Editor : I Made Asdhiana
Maskapai Citilink Indonesia melakukan penerbangan perdana rute Surabaya - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat di awal musim mudik Lebaran 2018 tepatnya Jumat (8/6/2018).

“Penerbangan perdana ini merupakan bagian dari penerbangan extra flight dalam mengakomodir penumpang yang hendak melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 H di kampung halaman masing-masing,” ujar Vice President Corporate Secretary and CSR, Ranty Astari dalam keterangan tertulis, Jumat. 

Extra flight dengan rute penerbangan Surabaya- Kertajati ini akan hadir pada 8 hingga 24 Juni 2018. Rencananya juga rute penerbangan tersebut akan menjadi penerbangan reguler mulai 1 Juli 2018. 

Penerbangan Surabaya-Kertajati Citilink Indonesia dengan nomor penerbangan QG 9820. Dari Bandara Juanda, Surabaya dijadwalkan pukul 05.25 WIB dan tiba di BIJB Kertajati pada pukul 06.55 WIB setiap hari. Kemudian penerbangan QG 9821 dengan rute Kertajati-Surabaya dijadwalkan berangkat pada pukul 07.25 WIB dan tiba di Surabaya pada pukul 08.55 WIB. 

BIJB merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng yang memiliki luas lahan mencapai 1.800 hektar dan akan Bandara tersebut disebut-sebut siap untuk digunakan untuk penerbangan haji 2018. (*)




Latest


EmoticonEmoticon